Anda memasuki Zona Integritas - Wilayah Bebas Korupsi

KEJATI JABAR USUT DUGAAN KORUPSI DANA BOS DI KEMENAG KANWIL JABAR

0

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat tengah mengusut dugaan korupsi pengadaan soal ujian madrasah senilai Rp 16,6 miliar. Kejati juga mengungkap modus praktik korupsi tersebut.
“Kami melakukan penyidikan terkait dugaan tindak pidana korupsi penggunaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) khususnya dalam pengadaan soal-soal ujian di Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah di lingkungan wilayah Kementerian Agama Jawa Barat,” ujar Asisten Pidana Khusus Kejati Jabar Riyono diruang kerjanya Jl. Naripan No. 25 pada Jumat (23/4/2021).
Kasus ini berawal dari adanya dana BOS yang diperuntukan bagi Madrasah tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) tahun 2018. Dari lima pos anggaran dana BOS ini, salah satunya dapat digunakan sekolah untuk pengadaan ulangan atau ujian.
Akan tetapi dalam pelaksanaannya, pos anggaran dana BOS untuk ulangan dan ujian itu bukan dilakukan oleh sekolah. Melainkan oleh Kelompok Kerja Madrasah (KKM) tingkat provinsi yang kemudian dikoordinir oleh KKM tingkat Kabupaten dan Kota.
Menurut Riyono, hal ini bertentangan dengan aturan yang tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 451 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah.

“Ini kemudian dalam praktiknya uang-uang itu dikelola oleh KKM provinsi yang tidak memiliki kewenangan untuk itu,” tutup Riyono.

Share.

Leave A Reply