Bandung, 12 November 2018

Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi Jawa Barat melakukan penggeledahan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tasikmalaya, Kantor PT. Purna Graha Abadi dan Rumah Kediaman H. Endang Rukanda, pada Senin (12/11)

Penggeledahan dilakukan berdasarkan Surat Penetapan Ketua Pengadilan TIPIKOR Bandung Nomor: 16/Pen.Pid.Sus/TPK/2018/PN.Bdg tanggal 09 November 2018 terhadap Tindak Pidana Korupsi dalam Kegiatan Paket Pekerjaan Pembangunan Ruas Jalan Ciawi Singaparna (Cisinga) Kabupaten Tasikmalaya Tahun Anggaran 2017 berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Nomor: Print724/O.2/Fd.1/11/ 2018 tanggal 05 Nopember 2018.

Tim yang dipimpin langsung Kepala Seksi Penyidikan Kejati Jabar Yanwar Rheza, membagi 2 Tim yang dilakukan secara serentak di 3 (tiga) tempat yakni Tim 1 melakukan penggeledahan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Tasikmalaya, Tim 2 melakukan penggeledahan di Rumah Kediaman H. Endang Rukanda, dimana Tim Penyidik tidak mendapatkan dokumen apapun dirumah tersebut dan kemudian bergerak ke Kantor PT. Puma Graha Abadi.

Tim penyidik melakukan penyitaan pada beberapa dokumen yang berasal dari Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Tasikmalaya berupa 4 (empat) buah Hard Disk dan 73 (tujuh puluh tiga) dokumen dan dari Kantor PT. Purna Graha Abadi berupa 1 (satu) buah Laptop dan 21 (dua puluh satu) dokumen, hal tersebut berdasarkan keterangan Kasipenkum Kejati Jabar Raymond Ali.

"Sebanyak 73 dokumen dan surat, serta empat hard disk di sita dari kantor Dinas PUPR Pemkab Tasikmalaya, di kantor PT PGA menyita 21 dokumen dan surat, satu buah cap dan komputer jinjing merek HP. Penyidik membutuhkan data untuk proses penyelidikan dan penyidikan dugaan kasus korupsi," kata Raymond.

Terhadap seluruh barang dan dokumen, Tim Penyidik masih melakukan pendalaman perkara serta mempelajari dan menginventarisir terhadap Barang Bukti dari hasil penggeledahan sebagai Barang Bukti Tambahan terkait Tindak Pidana Korupsi dalam Kegiatan Paket Pekerjaan Pembangunan Ruas Jalan Ciawi Singaparna (Cisinga) Kabupaten Tasikmalaya Tahun Anggaran 2017. (Zm/Mtr)