Berita

MoU diperpanjang, Kejati Jabar Harap Penyelamatan Keuangan Negara Dapat Dimaksimalkan

Bandung, 16 Juni 2020

Kejaksaan Tinggi Jawa Barat bersama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Region IV, Region V dan Region VI sepakat memperpanjang kesepakatan bersama (MoU) terkait dalam hal bantuan hukum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, pertukaran data informasi dan/atau konsultasi terkait permasalahan hukum, pemanfaatan layanan fasilitas perbankan dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia.

"Selama ini, Kejaksan Tinggi Jawa Barat khususnya bidang Datun telah bekerjasama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berupa kegiatan pemulihan keuangan negara dalam bentuk negosiasi dengan para debitur bermasalah, namun saya rasa kerjasama yang terjalin masih belum maksimal," ujar Kajati sesaat setelah penandatanganan kesepakatan bersama di kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Jl. Naripan No. 25, Selasa pagi (16/6).

Lanjut Kajati, "keberadaan PT Bank Mandiri di sektor perbankan selama ini mempunyai peran strategis dalam menopang pelaksanaan program Pembangunan Nasional. Sedangkan di sisi lain, Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum, memiliki tugas dan tanggung jawab mendukung, mengawal dan mengamankan keberhasilannya."

"Oleh karena itu, baik Kejaksaan Tinggi Jawa Barat maupun PT Bank Mandiri haruslah saling melengkapi dan bekerjasama dalam mewujudkan pembangunan perekonomian di wilayah Jawa Barat," pinta beliau.

Menurut Kajati, sebagai urat nadi dan penggerak roda di bidang keuangan Negara, sektor perbankan dituntut mampu berkontribusi dalam pembangunan.

"Harus mampu berkontribusi, menunjang dan meningkatkan pemerataan pembangunan, pertumbuhan ekonomi, guna mewujudkan stabilitas nasional dan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Menyadari begitu pentingnya peran perbankan dalam menopang pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, maka Kejaksaan sebagai salah satu institusi penegak hukum berkomitmen untuk mengawal keberlangsungan kapasitas dan peran dimaksud, menjaga dan memperkuat serta senantiasa membuka pintu untuk bersinergi, berkoordinasi dan bekerjasama dengan Iembaga perbankan khususnya dengan PT Bank Mandiri.

Terakhir, belia berharap ke depan kerjasama tersebut dapat lebih ditingkatkan mengingat makin luasnya cakupan kerjasama dalam kesepakatan bersama tersebut.