Berita

Kajati Jabar Lantik Dua Kepala Kejaksaan Negeri

Bandung, 5 November 2019

"Pengucapan sumpah jabatan yang baru saja saudara ucapakan, perlu disadari bahwa semua itu mengandung makna, arti, dan nilai yang sedemikian tinggi, yang di sisi bersamaan juga menyimpan tanggung jawab tidak ringan, namun sangat mulia bila dipenuhi dengan baik berlandaskan ahlak, etika, dan sikap moral terpuji". Hal tersebut disampaikan oleh Kajati Jawa Barat dalam sambutannya sesaat setelah melantik beberapa pejabat di lingkungan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, di Aula R. Soeprapto pada Selasa pagi (5/11).

Dalam sambutannya tersebut, Kajati menyampaikan beberapa poin terkait petunjuk Jaksa Agung RI dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan Kejaksaan antara lain melakukan pemberantasan korupsi secara berimbang antara pendekatan pencegahan dan penindakan. Selanjutnya penegakkan hukum harus dapat mendukung investasi baik pusat maupun di daerah, memanfaatkan sarana informasi teknologi, melaksanakan zona integritas menuju Wbk dan Wbbm dan memulihkan kepercayaan masyarakat (publik trust).

"Saya berharap, dengan petunjuk Jaksa Agung R.I tersebut, seluruh insan adhyaksa, bisa menjawab segala harapan dan tuntutan masyarakat dengan kerja dan karya nyata, salah satunya melalui pembenahan dan penguatan kelembagaan (birokrasi) melalui implementasi kebijakan program-program reformasi." Ujar beliau.

Lanjutnya, "pembenahan dan penguatan birokrasi merupakan keharusan guna memulihkan kepercayaan masyarakat dan meningkatkan citra kejaksaan, mengingat sebagian masyarakat beranggapan kinerja kejaksaan masih belum maksimal, sehingga belum dapat menjamin terwujudnya kepastian hukum sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat," tegas Kajati.

Terakhir beliau menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pejabat lama atas pengabdian selama ini dalam membangun kepercayaan publik melalui penegakan hukum dan kerja kerasnya dalam bertugas selama ini, dan kepada pejabat yang baru, Kajati mengucapkan selamat bertugas dan berharap agar dapat terus meningkatkan kinerja di tempat yang baru

Dalam acara pelantikan tersebut, Kajati melantik dua orang Kajari dan satu orang Koordinator. Dua Kajari tersebut yakni Kajari Kab. Bekasi Raden Rara Mahayu Dian Suryandari, SH dan Kajari Kab. Bogor Munaji, SH.,MH, kemudian mantan Kasi Intel Kejari Kota Bandung Yudi Kurniawan dilantik sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. (Zm/gaF)