Berita

Kasi Penkum Kejati Jabar Sosialisasikan Program Jaksa Sahabat Guru

Kasi Penkum Kejati Jabar Sosialisasikan Program Jaksa Sahabat Guru bersama Dinas Pendidikan Prov. Jawa Barat Kepada Guru SMK dan SMA Se-Jawa Barat

 Selain memberikan pengawalan dan pengamanan dalam pengelolaan keuangan negara oleh guru, ruang lingkup Program Jaksa Sahabat Guru juga memberikan kegiatan penerangan hukum dan memberikan bantuan hukum. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jawa Barat Abdul Muis Ali saat memberikan pemaparan dalam acara Bimtek Program Jabar Masagi di Hotel Panorama Lembang, Jumat sore (27/9).

 Lanjut beliau, Program JSG juga membuka ruang untuk berdiskusi dan pembahasan bersama dalam mengidentifikasi masalah terkait penyerapan anggaran dan pelaksanaan pembangunan.

 "Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya tindak pidana dan menghindari potensi terjadinya tindak pidana." Ujarnya.

 Di hadapan para Kepala Sekolah, Guru dan Komite Sekolah, Kasi Penkum menyampaikan bahwa saat ini prioritas penegakan hukum dititikberatkan ke arah preventif atau pencegahan.

 "Kita ingin lalukan pencegahan, bersama-sama mencari jalan keluar terhadap permasalahan. Saya harap diadakan program jaksa sahabat guru di anggaran kegiatan di masing-masing daerahnya. Itu yang menjadi harapan saya." Ujar beliau.

 Untuk kemudahan dan optimalisasi penerapan pelaksanaan Program Jaksa Sahabat Guru bagi guru-guru dan pemangku kepentingan, dalam pemaparan tersebut disampaikan bahwa Program Jaksa Sahabat Guru menyediakan layanan digital berupa website jabatguru.id.

 "Jadi kita ada website jabatguru.id. Website tersebut bisa diakses menggunakan Pc atau gadget dan dapat memanfaatkan layanan-layanan yang tersedia di website sebagai wadah komunikasi antara jaksa dengan guru." Kata Muis. Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan ke sesi tanya jawab.