Cikarang, 09 April 2019

"Saya pastikan jaksa-jaksa di Kejari Kab. Bekasi bukan sebagai pihak yang berseberangan dengan Kepala Desa, tapi sebagai sahabat, jangan sungkan dan jangan takut, jadikan Kejaksaan Negeri Kab. Bekasi menjadi tempat curhat para Kades, karena sampai saat ini masih ada Kepala Desa yang jadi pesakitan." Ujar Kajati pada saat memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi Program Jaga Desa di Gedung Wibawa Mukti Kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi, Selasa (9/4).

Lanjut Kajati, jangan sampai Kepala Desa ditakut-takuti dan minta jatah proyek, mulai besok sudah tidak ada. Jaksa-jaksa bertugas mendampingi Kepala Desa secara hukum.

Kajati berpesan agar memanfaatkan jaksa sebagai sahabat Kades. "Jika ada masalah dan ragu dalam mengambil keputusan silahkan sampaikan kepada kami, tidak dipungut biaya alias gratis, sehingga ke depannya pembangunan di desa bisa berjalan dan sukses tepat waktu."

"Selanjutnya, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan di desa-desa agar berjalan tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran. Melalui kegiatan tersebut, Kejaksaan bisa menjadi tempat yang bersahabat bagi masyarakat, tempat konsultasi pemerintah untuk bersama-sama mengawal pendistribusian dan pemanfaatan dana desa guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi untuk kemajuan bangsa dan negara." Tegas Kajati.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Bupati Kab. Bekasi Eka Supriya Atmaja mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi bagi para Kepala Desa. Menurut Eka, "Kepala Desa sebagai pamong desa adalah mengayomi masyarakat desa dan memiliki peran yang sangat penting bagi pembangunan. Kabupaten yang maju diawali dengan suksesnya pembangunan di desa. Peran Kepala Desa harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Beliau berharap tahun tahun demi tahun pembangunan di desa-desa terus meningkat dan sesuai dengan sasaran." Katanya.

Eka berharap pihak Kejaksaan Negeri Kab. Bekasi bisa memberikan info dan tambahan wawasan kepada para Kades sehingga prinsip good government di desa bisa dilaksanakan untuk terwujudnya pelayanan teknis yang baik.

"Saya ingatkan kembali kepada para Kades untuk mengoptimalkan anggaran yang ada di desa dan meminta kepada Tim Kejari Kab. Bekasi untuk dapat memberikan evaluasi sebagai bahan diskusi terkait penggunaan anggaran untuk menjadi lebih baik lagi." tutupnya. (zM/gaF)