Kuningan, 13 Februari 2019

Buronan tindak pidana korupsi asal Kejaksaan Negeri Tinggi Jakarta Utara atas nama terpidana Ali Patta (58) berhasil ditangkap oleh Tim Adhyaksa Monitoring Center (AMC) dan Tim Kejaksaan Negeri Jakarta Utara yang berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Kuningan. Tim berhasil mengamankan terpidana pada Rabu (13/2/2019) sekitar pukul 17.00 Wib di Perumahan Alam Asri Jalan Mahoni Blok A1 Desa Kasturi Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan.

Kejari Kuningan Adhyaksa Dharma Yuliano, SH.MH menjelaskan, bahwa berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor: 413 K/Pid.Sus/2017 tanggal 4 November 2017Ali Patta dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. Atas perbuatannya tersebut yang bersangkutan dijatuhi pidana penjara selama 5 (lima) tahun dan denda sebesar Rp 200.000.000,- serta diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 513.548.887,-.

"Kami menerima informasi dari Tim Kejagung dan Kejari Jakarta Utara terkait keberadaan terpidana di Kuningan. Maka, tanpa menunggu lama kami pun mendatangi tempat terpidana dan berhasil mengamankannya," ujar Kajari Adhyaksa Dharma.

Terpidana ini, lanjut Kajari, baru satu hari berada di Kuningan, ia merupakan warga Jalan Kalibaru Barat IV RT 09/RW 07 Cilincing Jakarta Utara dan merupakan mantan pegawai di DKI Jakarta/

Tindak pidana korupsi yang dilakukan terpidana yakni pelaksanaan proyek pekerjaan perbaikan jalan lingkungan dan saluran di Jalan Mangga Blok D Kelurahan Lagoa Koja Jakarta Utara dan pelaksanaan perbaikan jalan lingkungan dan saluran. Perbuatan terpidana ini dilakukan pada saat ia menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Perumahan Dan Gedung Pemkot Jakarta Utara tahun 2013. (zM/gaF)