Bandung, 3 September 2018

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Bandung yang diketuai Fuad Muhammadi, menjatuhkan vonis hukuman selama dua tahun penjara dan denda 50 juta Subsidiair dua bulan kurungan terhadap terdakwa Asep Hikayat, pada Senin (3/9). Asep Hikayat dinyatakan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah secara berlanjut, memberikan uang terhadap Abu Bakar selaku Bupati Kabupaten Bandung Barat senilai Rp 110 juta, sebagaimana pasal 5 ayat 1 huruf a.

Vonis Majelis Hakim tersebut lebih rendah dari tuntutan Penuntut Umum yang sebelumnya menuntut terdakwa Asep Hikayat selama 2 tahun 6 bulan penjara. Sebelum menjatuhkan amar vonisnya majelis mempertimbangkan hal yang memberatkan dan yang meringankan.

"Hal yang memberatkan perbuatan terdakwa bertentangan dengan program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Sedangkan yang meringankan, terdakwa bersikap sopan dalam persidangan, mengakui perbuatan dan mempunyai tanggungan keluarga." Ujar Fuad.

Seperti yang terungkap dalam persidangan yang dilakukan terdakwa, saat  itu terdakwa Asep Hikayat selaku Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bandung Barat, uang yang diberikan tersebut merupakan bagian partisipasi iuran dari Kepala Dinas/SKPD guna kepentingan pencalonan Elin Suharliah istri H. Abu Bakar Bupati KBB dalam Pilkada Bupati KBB tahun 2018-2023.

Terhadap vonis itu, Asep Hikayat  maupun penasihat hukumnya menyatakan menerima semntara Penuntut Umum KPK menyatakan pikir-pikir (Zbdg/Zm).