Bandung, 16 Mei 2018

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Raja Nafrizal mengunjungi kantor Redaksi Harian Pikiran Rakyat dalam rangka silaturrahmi. Kedatangan Kajati disambut oleh Pimpinan Perusahaan Yanuar P Ruslita, Komisaris Utama Pikiran Rakyat Ade Syarif dan Pimpinan Redaksi Rahim Asik di Kantor Harian Pikiran Rakyat Jl. Asia Afrika No. 77 Bandung, Rabu siang (16/5).

Kajati yang didampingi oleh Asisten Intelijen Hutama Wisnu dan Kasi Penkum Raymond Ali menilai pentingnya peran media dalam upaya penegakan hukum di Jawa Barat.

Dalam pertemuan tesebut, Kajati menyampaikan beberapa hal terkait dengan tupoksi Kejati Jabar salah satunya dalam optimalisasi pembangunan di Jawa Barat.

"Salah satu tupoksi Kejaksaan di Jawa Barat yakni mengoptimalkan fungsi dari Tim TP4D. Sesuai dengan arah kebijaksanaan pemerintah, penegakan hukum tidak hanya melalui penindakan yang represif melainkan juga melalui pencegahan," ujar Kajati.

"Atas pertimbangan tersebut, maka dibentuklah tim TP4 yang bertugas mengawal dan mendampingi penyelenggara negara dalam melakukan penyerapan anggaran sehingga tidak ada keraguan dalam pengambilan keputusan," kata beliau.

Ditambahkannya, TP4D fungsinya mendampingi dari sisi hukumnya saja, jadi tidak meliputi aspek teknisnya.

Selain itu, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat siap ikut serta dalam hajatan besar di Jawa Barat yaitu pilkada. "kita ikut memastikan pilkada ini berkualitas, dengan pilkada yang berkualitas akan melahirkan pimpinan yang berkualitas." Tegas beliau.

Dalam kesempatan yang sama, Yanuar Ruslita selaku Pimpinan Perusahaan menyampaikan bahwa media tidak hanya sekedar menyampaikan informasi tapi bagaimana media harus bisa berperan dalam melakukan pencegahan.

"Sebagai media yang besar di Jawa Barat tentunya kunjungan seperti ini sangat berguna, ke depan kerjasama harus selalu ditingkatkan karena kita tidak bisa berjalan sendiri, harus ada sharing informasi, umtuk hal-hal seperti ini kita perlu terbuka." Ujarnya.

Dalam pertemuan silaturrahmi tersebut diisi dengan diskusi dan tanya jawab seputar permasalahan dan penegakan hukum di Jawa Barat. (zM/gaF)