Bandung, 25 April 2018

Pidsus Kejati Jabar terima pelimpahan tahap II perkara tindak pidana korupsi berupa suap kepada Ketua Panwaslu Kab. Garut inisial HHB, Rabu siang (25/4) di kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. HHB diduga menerima suap berupa 1 (satu) unit mobil Daihatsu Sigra dan sejumlah uang untuk meloloskan verifikasi salah satu Bakal Cagub/Cawagub yang terjadi pada saat proses verifikasi paslon Cagub/Cawagub Kabupaten Garut.

Dalam kasus tersebut, penyidik Polda Jabar menetapkan setidaknya 4 (empat) orang tersangka, selain HHB selaku Ketua Panwaslu, ada SS dan DW dari pihak swasta serta AS sebagai wiraswasta. Keempatnya tersangka telah ditahan sejak tanggal 25 Februari 2018. Sampai akhirnya kemarin, para tersangka dan berkas perkaranya diserahkan ke penuntut umum untuk segera dilimpahkan ke pengadilan.

Setelah dilakukan pemeriksaan di kantor Kejati jabar, keempat tersangka kemudian dibawa ke Rutan Klas IA Kebon Waru Bandung untuk proses penahanan lebih lanjut. Para tersangka disangka melanggar Pasal 5, Pasal 11 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (zM/gaF)