Bandung, 4 Oktober 2017

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Setia Untung Arimuladi tandatangani kesepakatan bersama dengan Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Barat. Penandatanganan kesepakatan bersama atau MoU berlangsung di Aula R. Soeprapto Kejati Jawa Barat, Rabu (4/10/17) pukul 16.30 Wib. Kesepakatan bersama yang dilakukan terkait dengan kegiatan penerangan dan penyuluhan hukum yang selama ini menjadi program dari Kejaksaan dalam memberikan kesadaran hukum kepada masyarakat.

"Penandatanganan kesepakatan bersama dengan Badko HMI Jawa Barat ini merupakan terobosan yang kita lakukan dengan melibatkan mahasiswa untuk terlibat aktif baik sebagai narasumber maupun sebagai pemantau untuk melihat sejauh mana tingkat efektifitas dari kegiatan penerangan dan penyuluhan hukum yang diberikan kepada masyarakat," kata Kajati saat memberikan sambutan.

Kajati menghimbau dengan adanya keikutsertaan HMI dalam pelaksanaan kegiatan penerangan dan penyuluhan hukum. "Saya berharap para Kajari juga ikut membangun hubungan kemitraan dengan HMI di daerah, bagaimana kita bisa memperkecil dan meminimalisir kejahatan terutama kejahatan yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan," himbau beliau.

"Silahkan nanti bikin program-program kegiatan, apakah itu berkaitan dengan pencegahan penyalahgunaan narkoba, kekerasan dalam rumah tangga. Mari nanti kita sharing dan berkomunikasi. Jika butuh bahan materi untuk bikin literatur, karya ilmiah, di sini kita ada perpustakaan, silahkan manfaatkan fasilitas tersebut," tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Badko HMI Achyar al rasyid menyampaikan bahwa organisasi HMI ingin terlibat langsung dalam memberikan penerangan hukum di masyarakat. "Sudah tepat kiranya Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat bisa membaca bahwa kegiatan penerangan hukum perlu melibatkan organisasi kemahasiswaan dalam hal ini merangkul organisasi HMI untuk bekerjasama meneruskan program yang konkrit," ujarnya.

"Kami merasa sangat senang dan bangga bisa menjalin hubungan kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan hadir di sini dalam acara penandatanganan perjanjian kerjasama dan terlibat dalam pelaksanaan program kegiatan penerangan dan penyuluhan hukum di Kejaksaan Tinggi Jawa Barat," tegasnya.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama ini adalah meliputi penelitian hukum sebagai bahan penerangan dan penyuluhan hukum, penerangan dan penyuluhan hukum kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dan pemanfaatan perpustakaan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. (Zm/gaF)