Bandung, 4 Oktober 2017

Pegawai pengawal tahanan Kejaksaan Negeri Bandung berhasil meringkus pengedar narkoba yang beroperasi di Pengadilan Negeri Bandung. Selama tahun 2017 setidaknya sudah empat kali mereka berhasil menggagalkan transaksi barang haram tersebut. Hal tersebut terjadi pada 12 Januari, 6 Februari, 11 Juli dan 20 Juli di tengah para tahanan hendak melakukan persidangan di Pengadilan Negeri Bandung.

Atas hal tersebut, Kepala Kejati Jabar Setia Untung Arimuladi memberikan penghargaan kepada pegawainya itu karena secara spontan berhasil menangkap yang sifatnya insidentil.

"Saya berterima kasih sekali kepada lima pegawai pengawal tahanan, pertahankan integritas dengan kapasitas, kemampuan, loyalitas dan dedikasi terhadap institusi kejaksaan, serta dapat menularkan dan bisa ditiru oleh para petugas tahanan di Kejaksaan Negeri yang lain" kata Kajati dalam sambutannya pada Rabu sore (4/10/17).

Kajati Untung berharap para Kajari Kab/Kota se Jawa Barat untuk segera melaporkan bila ada anggota yang berprestasi. Seperti, mereka yang berhasil meringkus para pengedar narkoba tersebut, meski bukan penyidik.

"Sesuai tupoksinya yang bersangkutan meski bukan seorang penyidik, namun selain menjalankan tugas sebagai pengawal dan penjaga tahanan di dalam dan di luar sel pada saat persidangan berlangsung, mereka juga melakukan tindakan pengamanan secara spontan," ungkap beliau.

"Saya apresiasi dan berharap hal ini bisa memberikan contoh kepada pengawal tahanan yang lain karena tidak menutup kemungkinan peristiwa yang terjadi di sel tahanan Pengadilan Negeri Bandung terjadi di daerah lain, " tandasnya. (Zm/gaF)