Bandung, 4 Oktober 2017

Kejaksaan Tinggi Jawa Barat jalin kerjasama dengan Televisi Republik Indonesia (TVRI) Jawa Barat melalui penandatanganan kesepakatan bersama mengenai penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara dan penerangan hukum melalui media televisi. penandatanganan kesepakatan bersama tersebut ditandatangani oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Setia Untung Arimuladi dan Kepala TVRI Stasiun Jawa Barat Riyanto Budi Raharjo yang diselenggarakan di Aula R. Soeprapto Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Rabu siang (4/10/17).

Menurut Kajati, penandatanganan kesepakatan bersama tersebut banyak manfaat yang bisa didapatkan. "Kita bisa bekerja sama dengan media di antaranya sebagai sarana agar dapat memberikan kontribusi sampai sejauh mana Kejaksaan bisa dikenal oleh publik. Masyarakat perlu mengetahui karya dan capaian kinerja Kejaksaan. Ini merupakan salah satu kegiatan untuk meminimialisir ketidakpercayaan masyarakat kepada institusi penegak hukum khususnya Kejaksaan," Kata Kajati.

Ditambahkannya, ke depan banyak kegiatan-kegiatan yang perlu kita sinergiskan dan dikoordinasikan untuk tampil dan menunjukkan peran kita ke masyarakat.

Menurut Kajati, bagi TVRI dengan adanya MoU ini, Kejaksaan bisa mendampingi TVRI Jabar mengatasi segala permasalahan hukum terkait bidang perdata dan tata usaha negara dan dicarikan solusinya, sebagaimana pepatah "berat sama dipikul, ringan sama dijinjing." Artinya permasalahan sebesar dan seberat apapun jika ditangani bersama maka akan mudah didapatkan solusinya.

"Kesepakatan bersama ini merupakan suatu bentuk win win solution, Kejaksaan sama-sama ingin membangun kesamaan dari sisi penegakan hukum dan sebaliknya TVRI dari segi publikasi medianya," tutupnya.

Senada dengan Kajati, Kepala TVRI Stasiun Jawa Barat Riyanto Budi Raharjo meminta agar pihak Kejaksaan baik Kejaksaan Tinggi maupun Kejaksaan Negeri tidak perlu repot-repot dalam hal pemberitaan dan publikasi kepada masyarakat. "Jika Kejaksaan memerlukan berita cukup berkomunikasi via telepon untuk memudahkan komuniaksi dan koordinasi, tidak perlu memikirkan sesuatu, yang penting memiliki nilai berita dan kami siap untuk mempublikasikannya," ujarnya.

Lanjut beliau, bahwa berita tentang Kejaksaan agak sedikit mendapat tempat di media, maka dari itu TVRI siap untuk memback-up apapun yang akan disosialisasikan atau yang menjadi kegiatan Kejaksaan di Jawa Barat," tegasnya. (Zm/gaF)